Sekitar 100 orang peserta, yang berasal dari 4 propinsi di Indonesia, mengikuti pembekalan Character Building dengan judul : “Implementasi Konsep Diri di Dunia Kerja”, di Aula Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Jl. Gatot Subroto Medan, Kamis –Jum’at, 6 -7 September 2018. Pelatihan ini rutin dilakukan untuk setiap paket yang diadakan agar para peserta mempunyai konsep diri yang jelas dan memiliki motivasi yang kuat dalam mengikuti program Latihan Kerja yang dilakukan.

Sekitar 100 orang peserta yang hadir akan mengikuti latihan kerja untuk kelas-kelas Ticketing, Tour Guide, Bakkery, Drafter Arsitektur, Teknik Semprot, dan Teknik Poles. Para peserta kali ini berasal dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan Anambas Propinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Sijunjung dan Payakumbuh Sumatera Barat, dan peserta dari Sumatera Utara berasal dari Kabupaten Nias Utara dan Kota Kisaran.

Drs. Bahrum Jamil, MAP, Trainer dari PT. QIMS Intrasindo, dalam materinya menekankan pentingnya konsep diri bagi para peserta. Konsep diri merupakan modal kita dalam membentuk kepribadian dan berperilaku, dan modal tersebut akan membuat kita memiliki tujuan hidup yang jelas, yang pada gilirannya akan memunculkan motivasi untuk meraih cita-cita yang sudah ditetapkan. Bekal ini juga akan mempermudah kita untuk beradaptasi dengan lingkungan, terutama lingkungan kerja yang akan dihadapi, yang penuh dinamika dan tantangan, serta kompetisi. Tujuan training ini juga agar peserta mempunyai motivasi yang kuat dan dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh program pelatihan kerja yang diadakan oleh BBPLK Medan, yang kita ketahui memakan biaya negara yang tidak kecil, apalagi dalam mengikuti pelatihan ini, mereka tidak membayar apapun, seluruh biaya ditanggung oleh negara melalui BBPLK.  Dengan pelatihan ini diharapkan mereka dapat   memperoleh soft skill yang matang dan akhirnya pada program yang akan dilalui selama 1 dan 2 bulan, mereka dapat membangun kompetensi hard skill nya melalui latihan kerja yang diadakan.

Pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi, game, dan diisi dengan ice breaking yang membuat peserta tetap antusias mengikutinya. Dalam kesempatan ini juga diberikan hadiah kepada peserta yang aktif dan mampu memberikan resume materi pada hari pertama pelatihan. Yudi peserta dari Tanjung Balai Karimun dan Chacha peserta dari Kota Kisaran mendapatkan hadiah tersebut.

Nampak peserta cukup puas dengan pelatihan yang diikuti. Hal ini nampak dari wajah mereka yang tetap semangat hingga akhir pelatihan dan dari hasil kuesioner yang dibagikan sebagai feedback bagi Trainer dan PT. QIMS Intrasindo. Acara diakhiri dengan foto bersama Trainer dengan seluruh peserta. (BiJe)