Knowledge

Penyusunan Standar Pelayanan (SP) berdasarkan PERMENPAN & RB No. 15 Tahun 2014

Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang  Pelayanan Publik, bahwa setiap Penyelenggara pelayanan publik baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan sebagai tolok ukur dalam penyelenggaraan pelayanan di lingkungan masing-masing.

Penyusunan Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN) berdasarkan PERMENDAGRI No. 04 Tahun 2010

Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat merupakan fungsi yang harus diemban pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan, sebagai tolok ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Pintu masuk (entry point) bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good local governance) terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Melakukan Survey Kepuasan Pelanggan (SKM) Berdasarkan KepmenPAN-RB No.16 tahun 2014

Tuntutan masyarakat atas peningkatan kinerja pelayanan publik sudah tidak bisa dibendung lagi. Dinamika yang tinggi dalam kehidupan masyarakat, menuntut peningkatan kinerja aparat yang terlibat langsing denganmasalah pelayanan. Untuk itulah perlu dilakukan pengukuran terhadap pendapat masyarkat dalam hal sejauh mana kepuasan mereka terhadap pelayanan yang diterimanya dari berbagai unit kerja pada SKPD atau Badan terkait.

Audit Mutu Internal – Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Apa itu Audit Mutu Internal?

Selama ini kita barangkali sudah familiar dengan istilah audit internal. Meskipun yang dipahami dari audit internal adalah pemeriksaan keuangan. Menurut ISO 9000:2015, Audit adalah:  “serangkaian kegiatan yang sistematis, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit (audit criteria)  terpenuhi.

X