Trainer dari PT. QIMS Intrasindo kembali mengisi kelas pembekalan untuk para peserta latihan kerja yang diadakan oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, pada hari Selasa dan Kamis, 9 dan 10 Oktober 2018,  di Aula BBPLK jalan Gatot Subroto, Medan.

Pelatihan Character Building ini tetap dilakukan sebelum para peserta mengikuti program pelatihan kerja yang berdurasi 1 hingga 2 bulan. Pada kesempatan ini paket kelas pelatihan yang dibuka adalah Paket Ticketing, House Keeping, Tour Leader, dan Waitress. Pelatihan Character Building dengan sub tema Penerapan Konsep Diri dalam Dunia Kerja ini dimaksudkan agar para peserta, sebelum menempuh pelatihan kerja, mampu membentuk dirinya sehingga dapat mengikuti pelatihan dengan penuh motivasi dan  bersungguh-sungguh. Disamping itu ditekankan juga kepada peserta bahwa dana yang digunakan untuk membiayai program ini, tidak boleh sia-sia karena menggunakan uang negara yang berasal dari rakyat dan sepenuhnya digunakan agar membawa manfaat kepada para peserta. Dapat ditambahkan juga bahwa tidak ada pungutan apapaun untuk para peserta, bahkan peserta diberikan akomodasi, seragam, dan fasilitas lainnya.

Drs. Bahrum Jamil, MAP, yang merupakan trainer tetap untuk program ini menyampaikan betapa pentingnya pembangunan karakter bagi sumber daya manusia (SDM), terutama bagaimana agar SDM mempunyai konsep diri yang jelas dalam menjalani profesi atau pekerjaannya. Salah satu yang ditekankan oleh Bahrum adalah bagaimana pentingnya merencanakan masa depan melalui impian yang menjadi acuan atau fokus dalam menjalani kehidupan untuk masa depan. Jika kita mempunyai impian yang jelas, maka akan terbentuk konsep diri yang jelas, yang pada gilirannya akan membangun motivasi untuk melakukan kegiatan dalam rangka meraih impian tersebut. Mustahil motivasi akan terbangun jika kita tidak mempunyai impian yang jelas, dan tanpa tujuan hidup dan impian yang  jelas pada masa depan, konsep diri juga tidak akan terbentuk, sehingga kita tidak akan dapat menjadi SDM yang berkarakter. Jika SDM sudah mempunyai karakter yang kuat, maka diharapkan ia akan mampu menjadikan dirinya dan perusahaan tempat ia bekerja, atau usaha yang ia kelola menjadi maju dan profesional.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut, pada hari kedua, PT. QIMS Intrasindo, melalui trainer,  memberikan bingkisan kepada dua orang peserta yakni : Novia dan Yenny yang dinilai aktif dan mampu memberikan ringkasan materi pada hari pertama pelatihan.

Minggu sebelumnya juga telah diadakan pelatihan yang sama dengan peserta yang berasal dari berbagai propinsi seperti Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, dan dari Sumatera Utara berasal dari Kota Kisaran, Kabupaten Madina, Tapanuli Tengah, Humbahas, dan Nias Selatan.(BiJe)