Implementasi Standar Pelayanan dan Permasalahannya

Implementasi Standar Pelayanan dan Permasalahannya

Dibuat Oleh : Drs. Bahrum Jamil, MAP

Pelayanan Publik, masalah yang masih tetap menjadi perbincangan dalam masyarakat kita hinga saat ini. Dinamika masyarakat yang sangat tinggi menuntut peningkatan kualitas pelayanan publik yang linier dengan kepentingan masyarakat. Opini publik tentang kualitas pelayanan publik cenderung masih belum memuaskan.

Read more

Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP) berdasarkan PERMENPAN & RB No. 35 Tahun 2012

Pada hakekatnya perubahan ketatalaksanaan diarahkan untuk melakukan penataan tata laksana instansi pemerintah yang efektif dan efisien. Salah satu upaya penataan tata laksana diwujudkan dalam bentuk penyusunan dan implementasi Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP) dalam pelaksanaan tugas dan fungsi aparatur pemerintah.

Read more

Penyusunan Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN) berdasarkan PERMENDAGRI No. 04 Tahun 2010

Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat merupakan fungsi yang harus diemban pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan, sebagai tolok ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Pintu masuk (entry point) bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good local governance) terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Read more

Melakukan Survey Kepuasan Pelanggan (SKM) Berdasarkan KepmenPAN-RB No.16 tahun 2014

Tuntutan masyarakat atas peningkatan kinerja pelayanan publik sudah tidak bisa dibendung lagi. Dinamika yang tinggi dalam kehidupan masyarakat, menuntut peningkatan kinerja aparat yang terlibat langsing denganmasalah pelayanan. Untuk itulah perlu dilakukan pengukuran terhadap pendapat masyarkat dalam hal sejauh mana kepuasan mereka terhadap pelayanan yang diterimanya dari berbagai unit kerja pada SKPD atau Badan terkait.

Read more

Tugas dan Tanggung Jawab Auditor Internal

Auditor Internal memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi.  Tanpa keberadaan auditor internal, perbaikan sistem sulit untuk dicapai. Karena sistem akan berjalan apa adanya tanpa adanya upaya untuk melakukan evaluasi. Padahal dalam konsep PDCA (Plan – D0 -Check – Action), audit internal merupakan upaya melakukan Check (Periksa!) untuk memastikan sistem yang direncanakan sedari awal berjalan dengan baik dan efektif. Lalu apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab auditor internal? Berikut tugas dan tanggung jawab auditor internal:

Read more

Audit Mutu Internal – Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Apa itu Audit Mutu Internal?

Selama ini kita barangkali sudah familiar dengan istilah audit internal. Meskipun yang dipahami dari audit internal adalah pemeriksaan keuangan. Menurut ISO 9000:2015, Audit adalah:  “serangkaian kegiatan yang sistematis, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit (audit criteria)  terpenuhi.

Read more

Seminar dalam rangka Ulang Tahun PT. QIMS INTRASINDO

“ ISO 9001:2015 dengan penguatan S3 (Strategi, Sistem, SDM) untuk meningkatkan daya saing organisasi dalam MEA”

Medan, 22 Februari 2016

Pukul 16.00 WIB s/d 21.00 WIB

Tempat Hotel Santika Dyandra (Tentative)

I.    KONDISI PERMASALAHAN DI ORGANISASI

Saat ini banyak perusahaan maupun Organisasi yang  menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, tetapi banyak yang kurang mendapat manfaat dan berdampak pada peningkatan Kualitas Produk dan Pelayanan maupun Profitabilitas Organisasi.

Read more
X